Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Paniai Provinsi Papua

Sejarah, Kabupaten Paniai Akhirnya Dipimpin Seorang Pilot

JAYAPURA, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mewakili KPU Kabupaten Paniai menetapkan pasangan Meki Nawipa – Oktovianus Gobay sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan kepala daerah kabupaten Paniai tahun 2018.
Rapat pleno terbuka KPU berlangsung di Hotel Grand Abepura, Jayapura, Rabu (19/9) malam.
Penetapan ini menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi ( MK) yang menolak permohonan pasangan Hengky Kayame – Oktovianus Teneuyo terkait penetapan hasil penghitungan suara KPU Paniai yang memenangkan pasangan nomor urut 3, Meky Nawipa – Oktovianus Gobay sebagai pemenang suara terbanyak dengan total suara 71.072 atau dengan presentase 70,48 persen dari total suara pemilih.
Bupati terpilih, Meky Nawipa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU dan Bawaslu baik tingkat Provinsi dan kabupaten, aparat keamanan TNI Polri serta pemerintah daerah setempat yang telah bersinergi dalam pelaksanaan pilkada paniai sehingga dapat berjalan dengan baik aman dan lancar.
“Terlebih saya mau sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Paniai yang telah memberikan kepercayaan melalui dukungan suara kepada kami. Sehingga kami bisa sampai di tahap ini,” ucap Meky.
Dia mengungkapkan untuk bisa sampai ke tahap ini ( menjadi orang nomor satu di Paniai) merupakan sebuah perjalanan panjang dalam hidupnya.
“Saya yang berasal dari dunia penerbangan, selama 15 tahun mengabdikan diri sebagai pilot. Awalnya saya rasa tidak bisa, tapi hari ini Tuhan berikan keadilan. Dimana Paniai membutuhkan seorang pemimpin yang jujur bersih untuk membangun di tanah ini,” ungkapnya.
Di kesempatan itu, Meky juga menyampaikan terima kasih kepada pasangan Hengky Kayame – Oktovianus Teneuyo.
“Dia (Hengky Kayame) merupakan senior saya yang telah berjuang keras dalam pertarungan ini. Tapi hari ini Tuhan mau kami yang memimpin,” tukasnya
Oleh karena itu lanjut Meky, dirinya mengajak semua lawan politik sewaktu Pilkada untuk bersama sama meninggalkan konflik, dan bersatu membangun komunikasi untuk Paniai yang lebih baik, lebih maju ke depan.
“Ini bagian dari dinamika politik. Tidak semua persoalan diselesaikan dengan berkonflik tetapi mari kita membangun komunikasi dengan baik untuk Paniai yang lebih baik ke depan,” ajaknya.
Sementara itu Ketua KPU Papua, Theodorus Kossy meminta pasangan terpilih untuk dapat merangkul kembali lawan politik.
“Mari kita jadikan Papeda atau Paniai Penuh Damai,”pintanya.
Rapat pleno terbuka dihadiri oleh para komisioner KPU dan Bawaslu baik provinsi dan Paniai, jajaran Muspida Paniai, serta tim sukses serta massa pendukung pasangan terpilih.*